Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPTI) Wilayah Jawa Tengah mengadakan acara Sosialisasi Konsorsium dan Pelatihan Ejournal Gale untuk Perpustakaan Perguruan Tinggi pada tanggal 12 Desember 2023 pukul 10.00 WIB. Acara ini akan menjadi platform bagi anggota FPPTI Jawa Tengah untuk memahami lebih lanjut tentang konsorsium ejournal dan mendapatkan pelatihan langsung dari narasumber ahli yaitu Okkie Budiman dari Gale dan Johan Jang dari Elsevier.

Sosialisasi ini menjadi bagian integral dari kegiatan konsorsium ejournal yang diselenggarakan oleh FPPTI Jawa Tengah. Melalui acara ini, diharapkan perpustakaan perguruan tinggi dapat memahami manfaat dan potensi ejournal dalam mendukung kehidupan kampus. Okkie Budiman, sebagai narasumber, akan membahas berbagai aspek terkait pengelolaan ejournal menggunakan platform Gale, memberikan wawasan praktis dan strategis kepada peserta.

Manfaat melanggan ejournal bagi kehidupan kampus perguruan tinggi sangat luas. Selain memberikan akses terhadap literatur ilmiah terkini, ejournal juga mempercepat proses penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Dengan berlangganan ejournal, perpustakaan perguruan tinggi dapat memperluas koleksi sumber daya digital mereka, meningkatkan kualitas riset mahasiswa dan dosen, serta memperkuat posisi perguruan tinggi dalam skenario global.

Acara ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi perpustakaan perguruan tinggi di wilayah Jawa Tengah untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam pengelolaan sumber daya ilmiah. Dengan demikian, FPPTI Jawa Tengah terus berkomitmen untuk memajukan kualitas pendidikan tinggi melalui penguatan perpustakaan sebagai pusat pengetahuan dan informasi.

Selain itu, kehadiran konsorsium ejournal dan pelatihan Ejournal Gale diharapkan dapat membuka peluang kolaborasi antarperpustakaan di wilayah Jawa Tengah. Dengan berbagi sumber daya elektronik, perguruan tinggi dapat mengoptimalkan akses terhadap berbagai referensi ilmiah, mengurangi biaya langganan, dan meningkatkan efisiensi pengelolaan koleksi.

Okkie Budiman, sebagai narasumber acara, membawa pengalaman dan pemahaman mendalam mengenai pengelolaan ejournal menggunakan platform Gale. Peserta dapat menggali berbagai tips dan trik, serta praktik terbaik dalam mengelola dan memaksimalkan manfaat ejournal di lingkungan perpustakaan perguruan tinggi.

Lebih lanjut, kehadiran ejournal tidak hanya memberikan manfaat bagi kegiatan akademis, tetapi juga mendukung pengembangan institusi. Melalui ejournal, perguruan tinggi dapat lebih mudah mengukur dampak penelitian dan kontribusinya dalam dunia ilmiah global. Dengan demikian, ejournal bukan hanya sebagai alat bantu pengajaran dan penelitian, tetapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan reputasi dan kualitas institusi.

FPPTI Jawa Tengah berharap agar acara ini dapat menjadi langkah awal yang signifikan dalam memperkuat peran perpustakaan perguruan tinggi dalam mendukung keberhasilan riset, pengajaran, dan pengabdian masyarakat. Kolaborasi aktif antarperpustakaan dan pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan ejournal diharapkan dapat menjadi katalisator bagi kemajuan pendidikan tinggi di wilayah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *