KERANGKA ACUAN KEGIATAN
LOMBA INOVASI PERPUSTAKAAN 2021
ACADEMIC LIBRARY INNOVATION AWARD (ALIA) 2021
FORUM PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI INDONESIA JAWA TENGAH
Download TOR Undangan Poster

NAMA KEGIATAN

Lomba Inovasi Perpustakaan (Academic Library Innovation Award) 2021, FPPTI (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia) Jawa Tengah.

LATAR BELAKANG

Sebagai salah satu bagian dari institusi yang memegang peranan penting dalam kemajuan masyarakat Indonesia, maka inovasi pada perpustakaan perguruan tinggi merupakan suatu keniscayaan. Hal tersebut dilakukan untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi secara global, baik pada sektor teknologi, pendidikan, ekonomi maupun sosial. Perguruan tinggi melalui perpustakaannya masing-masing, mempunyai peran yang strategis dalam meningkatkan intelektualitas bangsa Indonesia, sehingga terobosan-terobosan baru yang inovatif dan adaptif harus terus diciptakan.

Kreativitas tercipta dari pengelola perpustakaan (pustakawan) yang akan melahirkan inovasi untuk memberdayakan sumber-sumber pustaka demi kemajuan masyarakat. Maka kreaifitas-kreatifitas tersebut harus terus dijaga, dikembangkan, serta difasilitasi oleh perguruan tinggi sebagai induk organisasi perpustakaan perguruan tinggi. Atas dasar tersebut, maka Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Jawa Tengah, akan menyelenggarakan kompetisi inovasi perpustakaan perguruan tinggi tingkat wilayah/daerah jawa tengah; Academic Library Innovation Award (ALIA) 2021.

TUJUAN DAN MANFAAT

Tujuan penyelenggaraan Lomba Inovasi Perpustakaan Perguruan Tinggi 2021 (Academic Library Innovation Award) ini adalah untuk mengapresiasi perpustakaan yang menunjukkan inovasi dan kreativitasnya dalam penyelenggaraan perpustakaan sehingga perpustakaan dapat semakin berperan dalam membentuk masyarakat yang berkemajuan.

Sedangkan manfaat kegiatan ini adalah memotivasi perpustakaan dalam meningkatkan kualitas pengelolaan perpustakaan perguruan tinggi melalui inovasi dan kreativitas layanannya.

KRITERIA PESERTA

Syarat dan ketentuan peserta lomba adalah sebagai berikut:

  1. Peserta adalah Perpustakaan Perguruan Tinggi anggota Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPTI) Jawa Tengah.
  2. Belum pernah menjuarai (juara satu) dalam kompetisi yang sama.
  3. Diusulkan oleh perguruan tinggi masing-masing.
  4. Masing-masing perguruan tinggi dapat mengirimkan inovasi perpustakaan lebih dari 1(satu). Tetapi hanya 1 (satu) yang terbaik sesuai penilaian juri yang akan dipilih sebagai finalis.
  5. Membuat dan menyampaikan profil perpustakaan dan deskripsi karya inovatif dalam bentuk makalah disertai dengan lampiran bukti berupa foto dan atau video, serta bukti pendukung lainnya.

MEKANISME LOMBA

  1. Peserta mengunduh form cetak kemudian mengunggah dan mengisi formulir pendaftaran daring, serta mengirimkan berkas seleksi (dalam format elektronik/digital) melalui email ke fpptijawatengah6@gmail.com, cc ke mail@alam.web.id
  2. Panitia tim seleksi dan penjurian akan memilih 5 finalis terbaik berdasarkan dokumen yang dikirimkan, keputusan hasil seleksi tidak dapat diganggu gugat.
  3. Perpustakaan 5 (lima) peserta finalis akan divisitasi daring oleh tim penilai untuk mengonfirmasi inovasi yang telah didaftarkan.
  4. 5 (lima) peserta finalis mempresentasikan karya inovasinya di depan tim penilai, yang dilaksanakan daring.
  5. Tim penilai akan menentukan 1 (satu) peserta finalis ALIA Jawa Tengah 2021 terbaik untuk mengikuti ALIA 2021 tingkat pusat.
  6. Seluruh biaya selama mengikuti seleksi IALA tingkat FPPTI Jawa Tengah ditanggung oleh finalis atau perguruan tinggi atau instansi yang diwakilinya.
KOMPONEN PENILAIAN

Komponen penilaian Perpustakaan inovatif mencakup karya atau inovasi yang diunggulkan dengan syarat:

  1. Karya inovatif merupakan karya terbaru atau yang masih relevan dengan kondisi perpustakaan yang akan, sedang, atau sudah diimplementasikan di Perpustakaan Perguruan Tinggi.
  2. Karya inovatif memperlihatkan orisinilitas, keunikan, kreatifitas, bersifat solutif dan memiliki dampak signifikan kepada masyarakat yang dilayani.
  3. Ditulis secara singkat dan padat dalam bentuk makalah, dengan ketentuan:
  4. Ukuran kertas A4, spasi satu setengah, font times new roman 12.
  5. Ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  6. Karya inovatif dikirim bersamaan dengan dokumen lain yang dipersyaratkan.

JADWAL SELEKSI

NOPROSES SELEKSIWAKTU (2021)
1Sosialisasi1 – 30 Juli
2Pengiriman dokumen peserta seleksi LIP kepada panitia Seleksi5 Juli – 15 Agustus
3Seleksi dokumen oleh panitia dan tim penilai16 – 20 Agustus
4Pengumuman 5 (lima) finalis21 Agustus
5Visitasi daring23 – 27 Agustus
6Presentasi peserta1 September
7Pengumuman pemenang1 September

PENGHARGAAN

  1. Piagam Penghargaan dari FPPTI Jawa Tengah
  2. Uang Pembinaan dari FPPTI Jawa tengah
  3. Piala & sertifikat (untuk lima final)
  4. Juara 1 berhak mengikuti seleksi tingkat pusat

KONTAK PANITIA

Tim Panitia Seleksi ALIA 2021 FPPTI JAWA TENGAH
Muhammad Saiful Alam: 085228876675

PENUTUP
Semoga kegiatan ALIA 2021 ini menjadi bagian dari kontribusi FPPTI Jawa Tengah dalam meningkatkan profesionalisme pustakawan dalam mengelola perpustakaan dan berdampak positif bagi kemajuan perpustakaan di Indonesia.

Leave a Comment