Permendiknas Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Pergurua Tinggi menekankan kewajiban semua pihak untuk mencegah terjadinya plagiasi dalam produksi karya akademik. Sanksi untuk pelaku plagiat tidak ringan. Pada beberapa kasus, sanksi tidak hanya dijatuhkan pada pelaku, namun juga perguran tinggi dan/ atau penerbit jurnal. Maka, pencegahan plagiasi ini harus serius dilakukan oleh setiap perguruan tinggi.

Untuk menilai suatu karya merupakan plagiasi atau tidak, kita bisa menggunakan bantuan perangkat lunak pendeteksi kemiripan karya. Hal ini bahkan telah diatur dalam Surat Edaran Dirjen Dikti No. 1753/P2/KP/2016 tertanggal 12 Juli 2016, bahwa Karya ilmiah yang dihasilkan oleh dosen yang ingin mengajukan kenaikan Jabatan Fungsional Akademik (JFA) harus diperiksa dengan menggunakan perangkat lunak pengecekan plagiat yang terpercaya.

Salah satu yang terbukti handal dan banyak dipakai adalah produk dari TURNITIN. Perangkat tersebut dimanfaatkan pihak penilai angka kredit dosen dari Kemdikbud dan banyak penerbit jurnal bereputasi dalam penerimaan karya untuk dipublikasi. Namun demikian, perangkat lunak tersebut tidak disediakan secara gratis. Sebagaimana keluhan banyak dari anggota FPPTI Jateng, harga langganan tahunan yang harus dibayar terlalu MAHAL untuk inititusinya.

Di sisi lain, salah satu tugas Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Jawa Tengah (FPPTI Jateng) adalah memfasilitasi kemudahan dalam peningkatan kinerja layanan masing-masing anggotanya; termasuk layanan deteksi plagiat. Sesuai program kerja Pengurus periode 2020 –2023, FPPTI Jateng berupaya agar sarana TURNITIN bisa dimanfaatkan oleh para anggotanya dengan harga yang MURAH. Maka, FPPTI Jateng melaksanakan.

Melalui konsorsium ini, anggota FPPTI Jateng tidak perlu melanggan sendiri dengan harga tinggi, namun tetap bisa mendapatkan fasilitas perangkat lunak deteksi kemiripan yang handal.

Proposal Penawaran Konsorsium Turnitin-Similarity Fppti Jawa Tengah Batch 2, bisa diakses melalui tautan di bawah ini:

https://is.gd/yXy6UK

KONTAK

Nara hubung Pendaftaran Konsorsium:

Nama             : RINA HANDAYANI, M. IP.

e-Mail            : rina.rindhani@gmail.com

No. Hp           : 0856 – 2847 – 411

Leave a Comment