Berita

LOMBA INOVASI PERPUSTAKAAN 2019 FPPTI JAWA TENGAH

Nama Kegiatan
Lomba Inovasi Perpustakaan 2019 FPPTI Wilayah Jawa Tengah

 Pendahuluan

Latar Belakang

Perpustakaan sudah bukan lagi hanya tentang bagaimana mengumpulkan dan mengolah pustaka, tetapi juga bagaimana perpustakaan dapat berperan dalam mengantarkan kecerdasan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitarnya. Tidak luput dari tugas ini adalah perpustakaan perguruan tinggi yang mempunyai peran strategis dalam mencerdaskan anak bangsa. Bekal ilmu dan keterampilan yang dimiliki membawa pemustaka menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Bukan persoalan mudah bagi perpustakaan untuk berperan dalam posisi yang strategis tersebut. Kendala dalam pelaksanaan peran itu seringkali menghampiri para pengelola perpustakaan, baik berasal dari internal maupun eksternal perpustakaan. Faktor internal dapat berupa sarana prasarana maupun SDM yang sebenarnya telah terdapat dalam Standar Nasional Perpustakaan. Faktor eksternal dapat berasal dari lingkungan dan pemustaka yang enggan menggunakan perpustakaan sebagai sumber informasi yang dibutuhkannya karena telah dimudahkan oleh sumber yang dapat diakses dengan mudah melalui jaringan internet.

Apapun kendala yang dihadapi perpustakaan, sejatinya perpustakaan memiliki keunggulan yakni informasi yang disediakan dijamin keshahihannya. Informasi yang disediakan telah melalui seleksi yang dilakukan oleh pustakawannya. Yang diperlukan di sini adalah bagaimana perpustakaan dapat menjadi pilihan masyarakat dalam mencari informasi. Kreativitas pengelola perpustakaan yang akan melahirkan inovasi memberdayakan perpustakaan untuk kepentingan masyarakat. Bahkan penyedia konten yang semula menjadi kompetitor dalam penyediaan informasi dapat menjadi relasi menuju masyarakat yang berkemajuan.

Tujuan
Tujuan penyelenggaraan Lomba Inovasi Perpustakaan Perguruan Tinggi ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada perpustakaan yang menunjukkan inovasi dan kreativitasnya dalam penyelenggaraan perpustakaan sehingga perpustakaan dapat semakin berperan dalam membentuk masyarakat yang berkemajuan.

Manfaat
Terwujudnya perpustakaan yang memiliki kualitas pelayanan dan pengelolaan Perpustakaan melalui inovasi dan kreativitas layanannya.

Persyaratan Lomba
Persyaratan keikutsertaan lomba adalah sebagai berikut:

  1. perpustakaan peserta lomba adalah perpustakaan perguruan tinggi anggota FPPTI Jawa Tengah,
  2. mengisi formulir pendaftaran,
  3. menyampaikan profil perpustakaan. Profil boleh dalam bentuk tulisan, gambar, maupun video,
  4. menyampaikan deskripsi karya inovatif dalam makalah ditulis secara singkat dan padat dalam bentuk makalah, dengan ketentuan:
    a. ukuran kertas A4, spasi satu setengah, font times new roman 12,
    b. ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar,
    c. memuat judul, latar belakang, deskripsi karya inovasi (apa, bagaimana penyajiannya, dan dampak/ manfaatnya) kesimpulan, dan daftar pustaka, dan
    d. disertai lampiran bukti inovasi berupa foto atau video.
  5. biaya keikutsertaan lomba ditanggung oleh institusi peserta lomba, dan
  6. peserta bersedia mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia lomba.

Seluruh file berkas (poin 2, 3, dan 4) dikirimkan ke Panitia Lomba Inovasi Perpustakaan 2019 Jawa Tengah melalui email ke noor.athiyah@umk.ac.id paling lambat tanggal 05 Agustus 2019.


Tim Penilai
Tim penilai terdiri dari unsur akademisi, pustakawan, dan pengurus FPPTI Jawa Tengah

Penghargaan
Pemenang lomba berhak mendapatkan:

  1. piagam penghargaan,
  2. piala,
  3. uang pembinaan, dan
  4. mewakili Jawa Tengah untuk seleksi Lomba Inovasi Perpustakaan 2019 tingkat nasional pada tgl 2 – 4 Oktober 2019 di Lampung.

 

Kontak Panitia & Informasi
Narahubung:
Noor Athiyah, M. Hum. (UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus)
HP/ WA: 08123583262
Formulir pendaftaran dan informasi lain bisa diakses di http://fppti-jateng.or.id/2019/07/03/lip-2019

Penutup
Partisipasi dari seluruh anggota sangat diharapkan. Semoga kegiatan LIP 2019 ini menjadi bagian dari kontribusi FPPTI Jawa Tengah dalam meningkatkan profesionalisme pustakawan dan berdampak positif bagi kemajuan kepustakawanan di Indonesia.

 

Download

Download Surat Permohonan pengiriman Delegasi (Undangan)

TOR Lomba Inovasi Perpustakaan 2019

Pedoman Penilaian Lomba Inovasi Perpustakaan 2019

Formulir Pendaftaran

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *