Berita

Literasi Pustaka FPPTI Jawa Tengah

UMK – Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPTI) Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Literasi Pustaka ke Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Telkom University dan Universitas Pendidikan Indonesia, tanggal 10-13 April 2019. Kegiatan tersebut diikuti oleh 31 peserta dari 18 perguruan tinggi di Jawa Tengah.

Kunjungan pertama Literasi Pustaka di Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas RI) yang langsung disambut para pustakawan dan Kepala Bidang Layanan Koleksi Umum, Drs. Agus Sutoyo, M.Si.. Setelah menyampaikan selamat datang, Agus pada sambutannya mengulas sejarah singkat persiapan gedung perpustakaan nasional yang baru dan ragam layanan yang tersedia di sana.

Pada sesi penerimaan ini, Ketua FPPTI Jawa Tengah, Wiji Suwarno, berkesempatan menyatakan terima kasih atas kesempatan dan penerimaan Perpusnas RI. Selain itu, kolaborasi Indonesia One Search (IOS) antar Perpusnas RI dengan perpustakaan anggota FPPTI Jawa Tengah dan penandatanganan MoU antara Perpusnas RI dan perpustakaan anggota FPPTI Jawa Tengah turut dibahas.

Setelah sambutan selesai dilanjutkan studi tour perpusnas. Perpustakaan nasional memberikan fasilitas dan pelayanan yang begitu istimewa bagi masyarakat. Pada lantai tertinggi, 24, ada area VVIP Longue yang merupakan area untuk tamu dan area baca yang nyaman dan luas sekaligus menyajikan pemandangan Jakarta, terutama Monumen Nasional. Ada lantai layanan koleksi anak, lantai layanan naskah kuno, dan sebagainya. Sayangnya, waktu yang terbatas membuat banyak peserta tidak bisa mengeksplorasi seluruh 24 lantai. Namun demikian, peserta tidak pulang dengan tangan kosong, karena banyak sekali judul buku terbitan Perpusnas RI yang bias dibawa pulang tanpa biaya apapun.

Pada hari kedua, kunjungan pertama ke Perpustakaan Telkom University. Peserta dimanjakan dan diinspirasi oleh desain interior yang sangat bagus dan nyaman. Selain itu, sistem informasinya dibangun sendiri yang bisa terintegrasi pada semua layanan dan laporan manajemen perpustakaan.

Kunjungan terakhir di Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia, perpustakaan yang sedang focus mearih ISO 9000: 2015 ini pada tahun 2016 berhasil meraih penghargaan Usage Award 2016 dari Springer Nature. Prestasi yang membanggakan ini merupakan hasil partisipasi seluruh sivitas akademika UPI yang aktif memanfaatkan e-Books Springer terbitan tahun 2014 sampai 2016. Selain itu, 1 lantai baru di tingkat teratas sudah memiliki desain bangunan yang luas dengan pencahayaan bagus.

Jamzanah, panitia kegiatan Literasi Pustaka ini menyatakan, “kami berharap para peserta belajar, termotivasi, dan terinsipirasi dari perpustakaan-perpustakaan lain. Semoga yang didapatkan dari kegiatan ini bisa diterapkan di perpustakaan masing-masing.”
Seorang peserta dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Siti Maesaroh menyampaikan kesannya, “sangat bagus, kebersamaan, mempererat silaturrohim, sharing, bisa belajar dari perpustakaan yg lebih maju, membuka wawasan yg bisa dijadikan referensi untuk kemajuan perpustakaan masing-masing PT, sadar akan kekurangan kita, sehingga kita harus berbenah diri untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.”
Siti Maesaroh juga berpesan “mohon kegiatan semacam ini diagendakan setiap tahun. Mungkin dengan peserta yang berbeda dari setiap PT, PTN di setiap kota bisa memperkasai atau menguatkan forum FPPTI ini, dengan pertimbangan dari segi pendanaan mereka lebih kuat.” (Eris – Ath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *