Berita, Seminar-Pelatihan

SEMINAR NASIONAL DAN RAKERWIL FPPTI JAWA TENGAH 2018

SEMINAR NASIONAL & RAKERWIL FPPTI
TEMA : LITERASI INFORMASI DALAM MENDUKUNG SCHOLARLY COMMUNICATION
(Kerjasama Perpustakaan IAIN Kudus Dengan FPPTI Jawa Tengah)

Klik pendaftaran, undangan dan poster

I. Pendahuluan

Literasi biasanya dipahami sebagai kemampuan membaca dan menulis.  Pengertian itu berubah menjadi konsep literasi fungsional, yaitu literasi yang terkait dengan berbagai fungsi dan keterampilan hidup. Literasi juga dipahami sebagai seperangkat kemampuan mengolah informasi, jauh di atas kemampuan mengurai dan memahami bacaan. Melalui pemahaman ini, literasi tidak hanya membaca dan menulis, tetapi juga mencakup bidang lain seperti matematika, sains, sosial, lingkungan, keuangan bahkan moral (moral literacy).

Perkembangan informasi yang pesat dan beragam media informasi yang disajikan membutuhkan keahlian kita untuk memahami kebutuhan informasi, mencari lokasi, temu kembali dan mengevaluasi kualitas informasi yang kita akses. Saat ini, begitu banyak sumber informasi yang bisa didapatkan secara mudah dan cepat namun perlu ketelitian dan kejelian dalam menentukan ketepatan sumber informasi yang didapat terutama dari internet. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan menuntut kita untuk  memiliki kemampuan literasi informasi. Dengan penguasaan literasi informasi, kita akan dapat mencari, menemukan, mengevaluasi, menggunakan serta mengkomunikasikan informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien serta dapat mengembangkannya menjadi pengetahuan baru.

Literasi informasi telah menjadi komponen penting dalam mendukung proses pembelajaran di dunia pendidikan. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi yang digunakan untuk menangani pengelolaan informasi, penguasaan kemampuan literasi informasi adalah suatu keniscayaan. Saat ini masyarakat dapat lebih mudah dalam mengelola informasi yang diperoleh dengan bantuan berbagai media teknologi informasi.

Kemampuan literasi informasi diperlukan untuk menghadapi berbagai perubahan informasi yang terjadi di masa mendatang. Kemampuan literasi informasi juga diperlukan untuk meningkatkan kualitas diri yang dapat dicapai melalui proses belajar. Oleh karena itu diperlukan adanya pengetahuan terutama untuk kalangan akademisi, pelajar dan pendidik dalam memahami dan menerapkan literasi informasi.

Berdasar latar belakang tersebut, maka Perpustakaan IAIN Kudus akan memulainya dengan melakukan kegiatan Seminar Nasional Kepustakaan dengan mengambil tema ”LITERASI INFORMASI DALAM MENDUKUNG SCHOLARLY COMMUNICATION” dengan mengundang pakar ataupun praktisi yang sudah sering terlibat dalam kegiatan ini. Dengan harapan pengalaman dan ilmu mereka akan sangat berguna serta bermanfaat untuk perkembangan dan kemajuan IAIN Kudus pada umumnya dan  UPT Perpustakaan IAIN Kudus khususnya di masa yang akan datang.

 

II.           Pelaksanaan Kegiatan

Pelaksanaan Kegiatan Seminar Nasional Kepustakaan dengan mengambil tema ”LITERASI INFORMASI DALAM MENDUKUNG SCHOLARLY COMMUNICATION dilaksanakan pada

H a r i                 : SENIN – SELASA

Tanggal              : 26 – 27 Nopember 2018

Tempat              : Lt. 02 Gedung Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Kuguruan

   IAIN Kudus

 

III.        Narasumber Kegiatan

Narasumber Pelaksanaan Kegiatan Seminar Nasional Kepustakaan dengan mengambil tema ” LITERASI INFORMASI DALAM MENDUKUNG SCHOLARLY COMMUNICATION adalah:

  1. Agus Rivai, SS.,M.Ag., Ph.D. (UIN Syarif Hidayatullah)
  2. H. Supaat, M.Pd. (Warek I IAIN Kudus)
  3. Noor Athiyah, M.Hum (Pengurus FPPTI Jawa Tengah).

IV.        Penutup

Puji syukur Alhamdulillaah. atas ridlo Allah SWT penyusunan TOR kegiatan Pelaksanaan Kegiatan Seminar Nasional Kepustakaan dengan mengambil tema ”LITERASI INFORMASI DALAM MENDUKUNG SCHOLARLY COMMUNICATION” telah  selesai  kami susun dan kami berharap dapat disetujui untuk pencairan anggaran pelaksanaan kegiatan yang telah kami rencanakan.

Semoga penyusunan TOR ini dapat memberikan berkah dan  manfaat yang besar bagi kelancaran kegiatan dari awal hingga akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *