Berita

LIBRARY CAMP FPPTI JAWA TENGAH DAN FPPTI JAWA TIMUR TAHUN 2019


TERM OF REFERENCE (TOR)
LIBRARY CAMP

“Integrasi Institu
tional Repository dengan RAMA untuk Meningkatkan Mutu Publikasi Ilmiah”
Download Undangan
Poster

Latar Belakang
Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) wilayah Jawa Tengah merupakan forum yang mewadahi aspirasi masyarakat pustakawan di Perguruan Tinggi Jawa Tengah, baik dalam hal pengembangan perpustakaan maupun peningkatan kompetensi pustakawannya. Berkaitan dengan peranya tersebut, dalam rangka meningkatkan kompetensi pustakawan, baik dalam hal memberikan layanan prima terhadap pemustaka (civitas akademika), maupun dalam memperkuat wawasan keilmuwan kepustakawanan, perlu adanya kegiatan-kegiatan yang dipandang cukup fenomenal dan menarik. Kegiatan dimaksud adalah kegiatan yang memungkinkan terjadinya “memorable” dalam benak pustakawan, sehingga kognisi yang timbul akibat adanya kegiatan ini dapat memberikan pengaruh yang cukup untuk memotivasi bahkan menginisiasi bentuk-bentuk layanan informasi yang bervariasi kepada pemustaka. Kegiatan akademik kepustakawanan seperti seminar, workshop, lokakarya, symposium dan sebagainyaakan memberikan implikasi yang berharga bagi setiap pesertanya, dan dengan demikian kegiatan semacam ini akan tetap harus dapat dilangsungkan.

Keterlibatan peserta dalam kegiatan ilmiah seperti di atas, ada kalanya harus diwadahi dengan acara yang mampu menggugah spirit kebersamaan, kekeluargaan, kesetiakawanan dan semangat untuk berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama pustakawan. Salah satu caranya adalah dengan menggalang kemauan pustakawan-pustakawan untuk berkumpul, berdiskusi, membagi pengalaman, bercerita, memberi solusi dari persoalan-persoalan yang timbul di institusi nya masing-masing, sehingga pada akhirnya akan membentuk kesatuan yang kuat untuk bersama-sama memajukan perpustakaan sebagai gerbang ilmu pengetahuan. Peran perpustakaan (pustakawan) sebagai pemeran utama dalam era informasi seperti ini sudah saatnya untuk dikedepankan dan harus mampu menjadi mitra yang bersifat mutualistik dari seluruh kegiatan kognitif civitas akademika.Salah satu tugas heroik tersebut adalah bagaimana pustakawan menjadi motivator, pendamping, pembimbing serta pemberi arah atas keberlangsungan scholarly academic, yang seharusnya digaungkan setiap perguruan tinggi yang melandaskan komunikasi ilmiah sebagai core bussinessnya.

Oleh karena itu, kegiatan library camp (libcamp) yang akan diselenggarakan ini, dengan program isian seminar dan workshop dengan mayor tema tentang Integrasi Institusional repository dengan RAMA untuk Meningkatkan Mutu Publikasi  Ilmiah, diharapkan mampu memberikan kontribusi yang maksimal bagi kokoh tegaknya perpustakaan perguruan tinggi sebagai kunci berlangsungnya kegiatan-kegiatan komunikasi ilmiah tersebut.

Bentuk Kegiatan
Bentuk kegiatan ini adalah LibCamp, yang didesain dengan beberapa kegiatan seminar dan workshop, serta lomba inovasi perpustakaan dan IALAtingkat wilayah (Jawa Tengah)

Tema Kegiatan
Tema kegiatan ini adalah “Integrasi Institutional Repository dengan RAMA untuk Meningkatkan Mutu Publikasi  Ilmiah”

Tujuan
Tujuan dari kegiatan ini adalah

  1. Membangun komunikasi yang lebih intensif antar pustakawan perguruan tinggi di Jateng, Jatim, Jabar, dan Yogyakarta
  2. Menumbuhkan spirit of the corp dan semangat melayani secara prima civitas akademika sebagai mitra utama
  3. Meningkatkan kemampuan dan kapabilitas pustakawan sebagai manager institutional repository
  4. Mengembangkan inovasi-inovasi baru layananan perpustakaan
  5. Menumbuhkan semangat pustakawan perguruan tinggi untuk mengembangkan kompetensi di bidang kepustakawanan baik teknikal, manajerial maupun keilmuwan

Materi

  1. Seminar: Arah Kebijakan Perguruan Tinggi untuk Pengembangan Perpustakaan
  2. Workshop I: Pengelolaan dan Pengembangan E-Repository Perguruan Tinggi
  3. Workshop II: RAMA dan ANJANI dalam Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah

Pemateri
Pemateri pada kegiatan ini adalah

  1. Seminar: Rektor IAIN Salatiga
  2. Workshop I: FPPTI Jateng dan Jatim
  3. Workshop II: FPPTI Jateng dan Jatim

Peserta
Peserta dalam  kegiatan ini adalah Pustakawan dan Pengelola Perpustakaan Perguruan Tinggi, anggota FPPTI Jawa Tengah, anggota FPPTI Jawa Timur,  anggota FPPTI Jawa Barat, dan anggota FPPTI DIY.

Waktu dan Tempat Pelatihan
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada

Hari / Tanggal : Kamis – Sabtu, 22 – 24 Agustus 2019

Waktu              : seperti jadwal terlampir

Tempat            : Hotel Nugraha Wisaya (Nuwis), Bandungan, Semarang


Penutup

Demikianlah proposal ini disampaikan. Kami mengharap dukungan dan partisipasi Bapak/Ibu. Semoga acara ini dapat terlaksana sesuai dengan yang kita harapkan. Atas perhatian Bapak/Ibu diucapakan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *