Berita, Seminar-Pelatihan

Pustawakan Se-Jateng Berkumpul di Kudus

Peserta seminar nasional Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja ke Museum PT Mubarok Food Kudus. (suaramerdeka.com/dok)

KUDUS, suaramerdeka.com – Para pengelola perpustakaan dan pustakawan se-Jateng berkumpul di Kota Kudus, Kamis (29/11). Bertempat di lantai dua ruang Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Kudus, UPT Perpustakaan IAIN Kudus bekerja sama dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan seminar nasional dan Rakerwil Jateng.

Kepala Perpusatakaan IAIN Kudus, Anisa Listiana menjelaskan, seminar nasional bertema Literasi Informasi Dalam Mendukung Scholarly Communication diikuti 45 pustakawan perguruan tinggi anggota FPPTI, 25 pengelola perpustakan SMA/MA se-kabupaten Kudus, empat pengelola perpustakaan desa dan daerah, serta pengelola jurnal di lingkungan internal IAIN Kudus.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, pada hari pertama diselenggarakan seminar nasional dengan tiga narasumber Agus Rifa’i PhD, dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Wakil Rektor I IAIN Kudus, Dr H Supa’at MPd, dan pengurus FPPTI Jawa Tengah, Noor Athiyah MHum. Setelah itu dilanjutkan dengan FGD dan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) dipimpin Ketua FPPTI Jateng, Wiji Suwarno SPdI SS MHum.

Sumber Informasi

Wakil Rektor I IAIN Kudus, Dr H Supa’at MPd, dalam makalahnya menyampaikan fungsi pentingnya perpustakaan dan pustakawan sebagai pengelola sumber informasi untuk mempercepat akses diterimanya sumber informasi kepada pemustaka. Sedangkan narasumber Agus Rifa’i memaparkan konsep dan gagasan literasi pustakawan akademik untuk mendukung komunikasi ilmiah di perguruan tinggi serta konsep “open access”, “open data”, dan “open sciences” dalam riset penelitian. Sementara itu Noor Athiyah MHum menyampaikan pentingnya kolaborasi perpustakaan dalam literasi informasi untuk mendukung komunikasi ilmiah, di mana kolaborasi tersebut dapat diaplikasikan misalnya dalam bentuk penelitian bersama, pengembangan keterampilan literasi informasi untuk komunitas terfokus, penyediaan bersama ruang kolaborasi baik fisik maupun online, serta kolaborasi dalam event-event tertentu.

Pada hari kedua, peserta dari Rakerwil FPPTI melaksanakan acara literasi budaya yang dilakukan dengan kunjungan ke Museum Jenang PT Mubarok Food Kudus. Dalam  kegiatan tersebut peserta diajak untuk melihat langsung proses pembuatan jenang dilanjutkan dengan mengunjungi museum jenang yang berisikan ilustrasi sejarah singkat pembuatan jenang serta sejarah dan budaya Kabupaten Kudus.


(Agus Fathuddin/CN40/SM Network)

Sumber asli: https://www.suaramerdeka.com/news/baca/149404/pustawakan-se-jateng-berkumpul-di-kudus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *