Workshop Perpustakaan bagi Mahasiswa Baru sebagai Media Promosi Layanan di Perpustakaan IAIN Surakarta

  • Triningsih . UPT Perpustakaan IAIN Surakarta
Keywords: Workshop Perpustakaan; Media Promosi; Layanan Perpustakaan

Abstract

Abstract
Library has responsibility to introduce the product to every people. The most
of civitas academis is new students can to get and to know the product which
is in the college library. Avaibility the library workshop, it is to be the gate
or the door of library to promote the service in it. The library workshop to be
means introduce the library product. The method which to use is observation
or direct observation with become a committee. The library workshop
for new students which is held by Library of IAIN Surakarta. The result
obtained are: 1) library profile; 2)library facility; 3)library utilization; 4)
service procedures; 5)library rules. By looking at the workshop materials it
can be concluded that library workshop for new students is a media promotion
service in library. This paper is expected to provide inspiration that
promotional activities are needed so that librarians can know the services
in the library.
Abstrak
Perpustakaan mempunyai kewajiban untuk memperkenalkan produknya
kepada masyarakat luas. Sivitas akademika terutama mahasiswa baru
berhak mendapatkan dan mengetahui produk yang ada di perpustakaan
perguruan tinggi. Adanya wokshop perpustakaan adalah menjadi gerbang
atau pintu perpustakaan untuk mempromosikan layanan yang ada
di dalamnya. Workshop perpustakaan menjadi sarana memperkenalkan
produk perpustakaan. Metode yang digunakan penulis dalam paparan ini
yaitu observasi atau pengamatan langsung dengan terlibat menjadi panitia
Workshop Perpustakaan bagi Mahasiswa Baru yang diselenggarakan oleh

References

Firdaus, Mirza. Motivasi Pengelola Perpustakaan untuk Meningkatkan
Kualitas Pelayanan Perpustakaan. Diakses melalui http://
jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/alkuttab/article/
view/551/503 pada 3 April 2018.
Hardingtyas, Tri. 2013. Serbaneka Pelayanan Perpustakaan. Surakarta:
UNS Press.
http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/ProTekInfo/article/
view/35/30. Diakses pada 4 April 2018.
Istiana, Purwani. 2014. Layanan Perpustakaan. Yogyakarta: Ombak.
Istiarni, Atin dan Triningsih. 2018. Jejak Pena Pustakawan. Yogyakarta:
Azyan.
Kurniawati, Juliana. 2016. Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas
Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator Volume 8 Nomor
2 Tahun 2016. Diakses melalui http://journal.umy.ac.id/index.
php/jkm/article/view/2069/2586 pada 3 April 2018.
Lubis, Rizal Nasrul. 2016. Promosi dan Public Relation di Perpustakaan.
Jurnal Pari Volume 2 Nomor 2 Desember 2016 hal 126-136.
Diakses melalui http://ejournal-balitbang.kkp.go.id/index.php/
JP/article/view/3257/2785 pada 3 April 2018.
Marzuki. 2015. Mengoptimalkan Kinerja Guru dalam Menyusun Strategi
dan Model Pembelajaran melalui Workshop di SMA Negeri I
Unggul Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Visipena Volume VI
Nomor 1 Januari-Juni 2015. Diakses melalui http://visipena.stkip
getsempena.ac.id/home/article/view/94/95 pada 3 April 2018.
Simanjuntak, Payaman J. 2005. Manajemen dan Evaluasi Kerja. Jakarta:
FE UI.
Sujatna. 2017. Promosi Perpustakaan. Banten: Mahara Publishing.
Triningsih. 2016. Andai Perpustakaan Seperti Mall. Surakarta: BukuKu
Media.
UPT Pusat Perpustakaan IAIN Surakarta. Panduan Perpustakaan
2017/2018 Jendela Peradaban Masa Depan. Surakarta: UPT
Pusat Perpustakaan IAIN Surakarta. 2017.
Published
2018-11-06
How to Cite
., T. (2018). Workshop Perpustakaan bagi Mahasiswa Baru sebagai Media Promosi Layanan di Perpustakaan IAIN Surakarta. LIBRARIA : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 7(1), 93-100. Retrieved from https://fppti-jateng.or.id/libraria/index.php/lib/article/view/36