Rekonstruksi Citra dan Eksistensi Perpustakaan: Kajian Peningkatan dan Penguatan Kualitas Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Perspektif Manajemen

  • Bakhtiyar . Jurusan Perpustakaan dan Sain Informasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Keywords: Peningkatan dan Penguatan; Perpustakaan; Perpustaan Perguruan Tinggi; Kualitas Perpustakaan

Abstract

Tujuan kajian untuk mengetahui makna penting dan upaya riil terhadap
penguatan dan peningkatan kualitas perpustakaan perguruan tinggi.
Pendekatan menggunakan historical approach dengan metode kajian
library research dan analisa secara diskriptif kualitatif serta content analysis.
Observasi digunakan sebagai pelengkap untuk mendukung konstruksi
teoritis. Hasil kajian adalah: (1). Arti penting peningkatan dan penguatan
kualitas perpustakaan, memiliki nilai kemanfaatan antara lain; (a) aktivitas
organisasi perpustakaan akan berjalan secara sinergis, (b) memiliki
daya saing tinggi, (c) pelayanan pada pemakai secara cepat, tepat dan
dapat. (d) kualitas layanan jasa informasi perpustakaan dapat dirasakan
oleh pemustaka, (e) tingkat loyalitas pemustaka yang tinggi terhadap perpustakaan,
(f) apresiasi yang positif terhadap eksistensi perpustakaan, (g)
kesuksesan dalam mencapai visi dan misi perpustakaan sebagai pendukung
utama dalam keberhasilan pelaksanaan Tri Dharma perguruan. (2). Realitas
penguatan dan peningkatan kualitas perpustakaan dapat diwujudkan
dengan menggunakan strategi khusus, yaitu: (a) perencanaan, (b) learning
organization, (c). senantiasa berorientasi terhadap kebutuhan pengguna.

References

Basuki, Sulistyo. (1993). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama
Bryson, John M. (1998). Strategic Planning For Public and Nonprofit
organizations. SanFransisco: Jossey Bass.
Djoyonegoro dan Suryadi. (1995). Peningkatan Kualitas SDM untuk
Pembangunan. Jakarta: Depdikbud.
Dreher. (2001). Human Resource Strategy, A Behavioral Perspective for
the General Manager. Mc Graww-Hill international Edition.
Fitzsimmons, James A. (2001). Service Management: Operations, Strategy, and
Information Technology. McGraww-Hill International Edition.
Hoy, Wayne K. and Miskel, Cecil G. (1999). Educational Administration.
New York: Mc Graww Hill Inc.
Jill, Griffin. (1995). Customer Loyalty, How to Earn; How to Keep It. Lexington
Books, an Imprint of the Free Press.
Kertajaya, Hermawan et.al. (2002). Mark Plus on Strategy. Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
Lasa HS. (2005). Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta: Gama Media.
Lovelock, Christoper., Wirtz, Jochen., and Keh, Hean Tat. (2002). Service
Marketing in Asia: Managing People, Technology and Strategy.
O’hara B.S., Johnston, Bolesand M.W. (1991). The Influence of Personal
Variables on Salesperson Selling Orientation. Journal of Personal
Selling and Sales Management. Vol. XI No. 1.
P. Ramsden. tt. Leading Academics. Buckingham: Society for Research
Into Higher Education and the Open University Press.
Robert, Johnson. (1995). The Determinant of Service Quality: Satisfies
and Dissatisfiers. International Journal of Service Industry Management.
Vol.6, no. 5, h. 55.
Rogers, et.al. (1994). Increasing Job Satisfaction of Service Personnel.
The journal of Service Marketing. Vol. 8, no. 1, h. 14.
Schatz, Kenneth and Schatz, Linda. (1986). Managing by Influence. New
Jersey: Prentice-Hall Inc. Englewood Cliffs.
Senge, Peter M . (2002). The Fifth Discipline Book. Batam: Interaksa.
Slater, S.F. and Narver J.C. (1995). Market Orientation dan the Learning
Organization. Journal of Marketing. Vol. 59 (July), h. 63-74
Slauter, Sheila and Laslie, Lary L. (1997). Academic Capitalism: Politics,
Policies and The Enterpreneurial University. London: The Johnson
Hopkins University Press.
Usman, Husain. (2006). Manajemen, Teori, Praktik dan Riset Pendidikan,
Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2018-11-06
How to Cite
., B. (2018). Rekonstruksi Citra dan Eksistensi Perpustakaan: Kajian Peningkatan dan Penguatan Kualitas Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Perspektif Manajemen. LIBRARIA : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 7(1), 75-91. Retrieved from https://fppti-jateng.or.id/libraria/index.php/lib/article/view/35