Upaya Pustakawan Madya dalam Mempreservasi Pengetahuan Tacit pada Kelompok Layanan Majalah Terjilid

  • Arliana Wijayanti
  • Febriyanto Febriyanto
  • Tamara Adriani Salim
Keywords: Knowledge Management; Tacit Knowledge; perpustakaan; pustakawan; pemustaka

Abstract

Kajian ini menyajikan tantangan dan peluang dalam pelestarian/preservasi
Tacit Knowledge (TK) dari seorang Pustakawan sebagai asset yang bernilai
bagi sebuah perpustakaan. Studi spesifik diambil dari TK yang dimiliki
oleh Ibu Atikah sebagai Pustakawan Madya di Kelompok Layanan Majalah
Terjilid dahulu. Penulis berpendapat bahwa ada ancaman kepunahan TK
karena tidak adanya rekaman maupun pendokumentasian TK beliau mengenai
Kelompok Majalah Layanan Terjilid. Kajian ini menggunakan metode
kualitatif dengan pendekatan study literature. Data diperoleh berdasarkan
pengamatan sehari-hari penulis dalam melakukan pekerjaannya sebagai
pustakawan dalam melayani pemustaka di Kelompok Layanan Majalah
Terjilid Bidang Layanan Koleksi Umum. Kesimpulannya ditemukan bahwa
pengetahuan tacit yang ada pada diri pustakawan harus dituangkan dalam
bentuk catatan khusus yang bersistematis agar pengetahuannya tetap
ada, terjaga dan dapat digunakan dan lebih bermanfaat lagi baik bagi
pustakawan sebagai regenerasi maupun oleh pemustaka dalam pencarian
informasi yang dibutuhkan. Preservation pengetahuan tacit ini sangat
penting untuk keberlangsungan proses ilmu pengetahuan dan merupakan
aset yang sangat bernilai bagi tumbuh kembangnya perpustakaan yang
menaunginya. Kajian ini sifatnya hanya untuk di dalam lingkungan
Perpustakaan Nasional RI.

References

Agus M. Hardjana. 2003. Komunikasi Intrapersonal & Interpersonal.
Yogyakarta:
Kanisius.
Averweg, U.R. and E.H. Greyling, 2010. Some challenges for information
and communication technologies in indigenous knowledge
preservation. J. South. Afr. Inst. Manage. Libraries, 11: 5-14.
Dalkir, K. and J. Liebowitz, 2011. Knowledge Management in Theory
and Practice. 2nd Edn., The MIT Press, Cambridge, Massachusetts,
ISBN: 978-0-262-01508-0, Pages: 485.
Elisa Ekaningsih, S.Sos. 2006. Upaya Meningkatkan Peran Psutakawan
dalam Jasa Layanan Informasi. Medan: Universitas Sumatera
Utara. (Sumber internet: http://library.usu.ac.id/download/
fs/06012425.pdf . Tgl. Akses: 6 November 2017
Lasa HS. 2009. Kamus Kepustakawanan Indonesia. Hal. 233. Yogyakarta:
Pustaka Book Publisher
Panahi, S., J. Watson and H. Partridge, 2013. Towards tacit knowledge
sharing over social web tools. J. Knowl. Manage., 17: 379-397.
Rhoni Rodin. Penerapan Knowledge Management di Perpustakaan
(Studi Kasus di Perpustakaan STAIN Curup. Sumber internet:
http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/
article/view/29/18 . Tgl. Akses: 6 November 2017
Suharyanto. 2014. Glosarium Istilah Perpustakaan. Pare-Kediri: FAM
Publishing.
Published
2018-11-06
How to Cite
Wijayanti, A., Febriyanto, F., & Salim, T. A. (2018). Upaya Pustakawan Madya dalam Mempreservasi Pengetahuan Tacit pada Kelompok Layanan Majalah Terjilid. LIBRARIA : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 7(1), 1-16. Retrieved from https://fppti-jateng.or.id/libraria/index.php/lib/article/view/29